Bagaimana cara mendatangkan pelanggan (Bagian 1)


Mungkin Bagaimana cara mendatangkan pelanggan adalah termasuk dari sekian banyak pertanyaan yang paling sering muncul di benak anda saat memulai bisnis. Di samping harus memahami bagaimana cara menentukan produk atau jasa yang akan anda jual, mengetahui cara mendatangkan pelanggan termasuk hal penting bagi pebisnis pemula. Karena tanpa pelanggan yang datang, produk atau jasa kita akan susah untuk dijual. Berikut sedikit tips dan cara-cara untuk dapat mendatangkan pelanggan:

1. Mulai dengan berjualan ke orang-orang terdekat anda.


Ini adalah langkah paling awal yang harus anda lakukan. Menjual ke orang-orang yang telah mengenal anda umumnya akan lebih mudah. Manfaatkan kesempatan ini sebagai titik awal untuk mengenalkan produk atau jasa anda ke masyarakat luas. Mintalah kepada mereka untuk memakai produk anda dan menceritakan bisnis anda ke teman-teman atau keluarganya. Ciptakan pengalaman produk yang menarik sehingga bisa tercipta bentuk pemasaran word of mouth atau mulut ke mulut. Bila berhasil, pelanggan anda akan datang sendirinya karena referensi dari relasinya yang telah mencoba produk / jasa anda.

2. Cetak dan bagikan Brosur yang berisi penawaran khusus.


Mencetak dan membagi brosur sudah umum dilakukan untuk mengenalkan produk anda ke masyarakat luas. Namun apabila brosur anda kurang menarik, calon pelanggan tidak akan begitu perhatian dengan penawaran anda. Sertakan penawaran khusus di dalam brosur, misalnya "Bawa brosur ini dan dapatkan jus melon gratis" atau "Sewa 2 hari bayar 1 hari dengan menunjukkan voucher ini". Dengan diberikan penawaran khusus tersebut biasanya akan membuat pelanggan tertarik mencoba produk anda. Oh ya, jangan lupa untuk mencantumkan tanggal kadaluwarsa penawarannya, agar tercipta sense of urgency yang membuat calon pelanggan segera membeli produk atau jasa anda.

3. Buat Spanduk di depan Toko anda.


Spanduk atau papan nama itu penting. Dengan memasang spanduk atau papan nama, toko anda bisa dikenali oleh orang yang sekedar lewat. Atau mungkin dapat membantu calon pelanggan yang sedang mencari toko anda karena tahu dari browsing di internet. Anda tentu mau toko anda mudah ditemukan oleh calon konsumen potensial anda kan? Buat spanduk yang menarik dan mudah untuk dikenali oleh orang-orang yang melewati toko anda.

Pahami komposisi materi tulisan dan gambar pada spanduk itu, pastikan nama / logo toko anda terpampang dengan komposisi yang ekstra besar sehingga mudah untuk dibaca orang. Anda boleh menambahkan tulisan tagline atau jenis-jenis produk / jasa yang anda jual. Tapi ingat, jangan sampai membuat tulisan nama / logo toko anda kalah fokus dan tidak terbaca. Sebagai referensi lainnya, mungkin anda juga mau melihat contoh-contoh gambar spanduk yang tersebar di internet.

Saya kira sekian dulu tips-tips kali ini. Saya berencana untuk menambah tips-tips tentang "Bagaimana Cara Mendatangkan Pelanggan" lainnya di kemudian hari. Bila anda ingin dikabari saat tips-tips terbaru tersebut saya posting, silahkan daftar ke newsletter Kotak Terbang di bawah ini.


*kami tidak akan memberikan e-mail anda ke siapapun

Salam Sukses!

Labels: , , ,